Biar Awet, Cukup Cuci dengan Tangan

Dikutip dari Evergreen, Jawa Pos
----
Ada celana jins milik Prien Herlini yang umurnya sudah belasan sampai puluhan tahun. Namun, celana-celana tersebut tetap awet dan terlihat baru. Warna pada celana pun tidak memudar, meskipun untuk celana yang berwarna hitam. "Ada tip khusus untuk memperlakukan jins seperti ini," katanya.

Berkat tip tersebut, dia mengaku bisa menjadikan celana jins miliknya tidak rusak. Meski sederhana, cara yang selama ini ditempuhnya tersebut mampu membuat koleksi kesayangannya tetap terpelihara. "Cukup dicuci dengan tangan," ujarnya.

Mencuci celana jins dengan tangan, menurut perempuan yang biasa dipanggil Lin itu, bisa membuat bahan celana terjaga dan mampu bertahan lama. Selain itu, proses penyikatan bagian yang kotor harus diperhatikan. Tidak semua bagian perlu disikat. Sebab, hal tersebut akan menjadikan celana makin menipis. "Cukup disikat bagian ujungnya. Kalau ada bagian lain yang kotor, kucek dengan tangan," ucapnya.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah proses penjemuran celana. Ketika dijemur, celana harus dalam keadaan terbalik. Artinya, bagian dalam di luar dan bagian luar di dalam. Tujuannya, supaya warna celana tetap terjaga, tidak pudar. Terutama, celana hitam.

"Kalau perlu, menjemurnya tidak terkena sengatan sinar matahari langsung. Tapi, pastikan celana benar-benar kering. Sebab, jika tidak kering dan lembap, itu malah membuat celana rusak dan berbau tidak enak," sambungnya.

Sumber : evergreen
----

Mari saling berbagi pengalaman :D

--I. B. Santoso--

Komentar

Postingan Populer